Silaut Terendam Banjir, Empat Wilayah Terisolir

Truk Pengangkut kelapa sawit silaut nekat menerobos banjir
Hujan deras yang mengguyur wilayah silaut , kecamatan Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar selama hampir 12 jam non stop Pada Rabu (02/11/11) hingga Kamis (03/11/11) dini hari mengakibatkan Sungai batang silaut meluap dan merendam Ribuan pemukiman warga.


Di beberapa wilayah terparah yaitu Sungai Serik, Silaut 3, Silaut 4, dan Silaut 5, ketinggian air mencapai dada orang dewasa. air juga merendam ratusan hektar lahan perkebunan, jalan utama hingga menyebabkan terputusnya akses jalan dan mengakibatkan wilayah tersebut terisolir. terputusnya akses jalan juga menyebabkan aktifitas Warga terhenti Total.

Pengangkutan Hasil Pertanian seperti Kelapa sawitpun sempat terganggu. namun beberapa supir Nekat Menerobos Derasnya arus Banjir. selain merendam empat wilayah, banjir juga merendam sebagian kecil wilayah Silaut 1 dan Silaut 2. Belum ada laporan mengenai korban jiwa. namun kerugian ditaksir mencapai Ratusan Juta Rupiah.


Menurut keterangan warga, air mulai datang sekitar pukul empat dini hari. "air sangat cepat meninggi, sehingga kami segera melakukan evakuasi terhadap barang-barang di rumah ketempat yang aman" ucap salah seorang warga yang rumahnya terendam banjir hingga 1 meter.

Hingga Berita ini diturunkan, belum terlihat adanya bantuan dari Tim SAR untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang terisolir. volume air juga belum terlalu berkurang. cuaca pun masih terlihat Mendung sehingga membuat warga kawatir adanya banjir susulan jika hujan kembali turun.

Banjir yang melanda Silaut bukan pertama kalinya terjadi. Warga mengaku, Banjir selalu melanda wilayah silaut setiap Tiga Tahun sekali. sebelumnya banjir juga pernah melanda pada tahun 2008 dan kembali terulang pada tahun 2011 ini. warga berharap, adanya upaya dari Pemerintah untuk melakukan usaha untuk Pencegahan agar Banjir tidak terjadi kembali ditahun selanjutnya. (DA)

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk umum, Beri Komentar Sebagai : Anonymous atau Name/URL

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
free web site traffic and promotion