Review Fakultas Desain Komunikasi Visual UPI "YPTK" Padang

Logo DKV UPI "YPTK" Padang
Selamat Buat kamu yang dinyatakan Lulus pada Ujian Nasional Tahun ini. dan pastinya sekarang udah mulai fokus buat persiapan SBMPTN.

Kuliah di PTN memang impian banyak orang. namun faktor persaingan ataupun keberuntungan seringkali menjegal mimpi itu.

Sebenarnya, Kuliah di PTN atau PTS gak bisa dijadikan patokan untuk mengukur kualitas diri. dan jangan beranggapan mereka yang kuliah di PTN dijamin lebih hebat ataupun bakal sukses setelah Lulus Nanti.

Semua itu tergantung niat dan keseriusan masing-masing individu. karena kuliah di PTS pun jika serius dan berprestasi, masa depan mu juga pasti cerah.

Nah sekarang, Saya mau sedikit Sharing buat kamu yang mungkin sekarang lagi pusing buat milih jurusan.

Memilih jurusan, sebaiknya jangan sekedar ikut-ikutan teman atau tren saja. tetapi pahami lah dimana minat, bakat dan hobi mu selama ini. karena ini akan sangat menentukan masa depan mu selama perkuliahan hingga setelah lulus nanti.

Buat Kamu yang Punya Hobi ataupun minat dalam dunia Desain Grafis, Ilustrasi Gambar, ataupun Fotografi, Jurusan Desain Komunikasi Visual atau yang lebih di kenal dengan DKV merupakan salah satu jurusan yang tepat. jurusan ini prospek ke depannya sangat cerah karena tuntutan globalisasi dan zaman yang semakin modern akan membutuhkan orang-orang DKV lebih banyak lagi.

Di Kota Padang, saat ini baru 2 Universitas saja yang memiliki jurusan ini dan ada universitas lainnya yang akan menyusul. Salah satu universitas yang telah memiliki jurusan DKV adalah PTS Universitas Putra Indonesia (UPI "YPTK" Padang).

Jurusan ini terbilang masih muda di UPI "YPTK" Padang dan baru berjalan kurang lebih 4 tahun. Istimewanya, Jurusan DKV di Universitas ini berdiri dalam Fakultas Sendiri yang juga bernama Fakultas Desain Komunikasi Visual. Peminatnya setiap tahun terus bertambah. dan ini bisa kamu pertimbangkan untuk dijadikan alternatif jika kamu belum beruntung di SBMPTN.

 Untuk mengetahui lebih Lanjut bagaimana DKV UPI "YPTK" Padang, berikut Review menurut situs resmi YPTK.

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Desain Komunikasi Visual atau yang populer disebut Desain Grafis merupakan lahan profesi bergengsi yang makin diminati kaum muda saat ini. Teknologi komputer yang makin canggih membuat dunia Desain Komunikasi Visual kian marak.

Ide-ide kreatif dapat dituangkan tanpa batas dalam merancang berbagai media komunikasi visual, seperti brosur, iklan, poster, website, kemasan, sign, film animasi, corporate identity, dan lain-lain.

 Tak heran jika profesi Disainer Komunikasi Visual/Disainer Grafis menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang berjiwa dinamis dan kreatif. Peluang untuk bekerja begitu besar dengan gaji dan fasilitas yang baik. Kesempatan berwirausaha pun terbuka luas.

Desain Komunikasi Visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahan pesan pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya.

Pesan dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan yang disampaikan kepada target audience, dalam upaya peningkatan usaha penjualan, peningkatan citra dan publikasi program pemerintah.

Pada prinsipnya DKV adalah perancangan untuk menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual yang komunikatif, efektif, efisien dan tepat. terpola dan terpadu serta estetis, melalui media tertentu sehingga dapat mengubah sikap positif sasaran.

Elemen desain komunikasi visual adalah gambar/ foto, huruf, warna dan tata letak dalam berbagai media. baik media cetak, massa, elektronika maupun audio visual. Akar bidang DKV adalah komunikasi budaya, komunikasi sosial dan komunikasi ekonomi.

Tidak seperti seniman yang mementingkan ekspresi perasaan dalam dirinya, seorang desainer komunikasi visual adalah penterjemah dalam komunikasi gagasan.

Karena itulah DKV mengajarkan berbagai bahasa visual yang dapat digunakan untuk menterjemahkan pikiran dalam bentuk visual. DKV menghasilkan produk lulusan sebagai berikut:

1. Graphic Designer : Merancang grafis, menghasilkan desain grafis yang komunikatif baik dari segi komposisi, kemudahan mencerna maksud iklan dan estetika.
2. Ilustrator : Membuat ilustrasi, misal: sketsa dan karikatur, baik manual maupun menggunakan computer.
3. Advertising Expert : Mampu berkarya di bidang agency periklanan, untuk membuat iklan outdoor.
4. Fotografer : Berprofesi sebagai expert di bidang fotografi.
5. Web Designer : Merancang web dengan prinsip-prinsip keseimbangan desain, value added pada suatu website sehingga lebih komunikatif dan menarik dari segi tampilan, cerdas dari sisi navigasi.
6. Animator : Mampu mendesain karya animasi yang berupa video animasi, bisa berupa iklan pendek, film kartun.

Ruang Lingkup
1. Indoor : brosur, leaflet, company profile, logo, corporate-image (memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan citra suatu perusahaan).
2. Outdoor : poster, billboard, sign system, pariwara outdoor (umbul-umbul), banner.

Materi yang Dipelajari

Mata kuliah teoritis seringkali membuat bosan dan jenuh. Padahal sedikit sekali mata kuliah tersebut dapat diterapkan di dunia kerja yang sesungguhnya. Tidak begitu halnya yang dipelajari di Disain Komunikasi Visual karena merupakan paduan 30% teori yaitu berupa mata kuliah umum dan teori-teori yang menunjang perancangan, serta 70% praktek berupa Ilustrasi, Komputer Grafis, Fotografi Disain, Animasi Komputer, Visual Merchandising, dan sebagainya.
[DA]

11 komentar:

  1. gimana cara mndftr di upi dan apkah sudah dibuka pendftaranya? maksh

    BalasHapus
  2. sudah dibuka sejak 1 april. silahkan datang langsung ke kampus UPI "YPTK" di jln Raya Lubuk Begalung, Padang. gedung B lantai 2. atau lihat infonya di www.upi-yptk.ac.id.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tanya min, biaya perkuliahan untuk DKV UPI YPTK bisa liat info dimana ya? atau miminnya tau, bisa info ke email saya winnyfulti@gmail.com

      Hapus
  3. upi akreditasinya sudah apa ya mas?

    BalasHapus
  4. Mau tanya min, biaya perkuliahan untuk DKV UPI YPTK bisa liat info dimana ya? atau miminnya tau, bisa info ke email saya winnyfulti@gmail.com

    BalasHapus
  5. Menarik memang apabila berbicara tentang jurusan DKV ini. Namun, cukup disayangkan apabila jurusan ini hanya memuat kajian teoritis 30% dan sisanya kajian praktis. Perlu untuk diketahui bahwasanya jurusan DKV ini memiliki jenjang pendidikan Strata 1 (S1). Pada dasarnya, pembelajaran pada jenjang pendidikan S1 bersifat lebih luas dan lebih teoritis. Berbeda dengan jenjang Diploma (D3), pembelajarannya lebih berfokus kepada keterampilan tertentu. Jika diperhatikan lebih lagi, output dari jurusan ini beberapa nya adalah web designer, illustrator, fotografi, dan lainnya. Sebenarnya, Output seperti ini bisa dipelajari sendiri dengan memanfaatkan media online, seperti youtube, dan Google. Soal kreativitas dapat diperkaya dengan melihat dan mempelajari beberapa literasi yang ada. Jadi pada kesimpulannya, jika output yang dikeluarkan adalah seperti yang tertulis diatas, untuk apa membuang uang, waktu, dan pikiran untuk kuliah DKV di UPI?

    Salam

    BalasHapus
  6. Jenis tes untuk masuk upi aph? Makasih

    BalasHapus
  7. Masih ada gelombang terahir pendaftaran nggak... Kalau ada sampai tanggal berapa... Terus untuk info biaya kuliah bisa di akses dimana..terima kasih

    BalasHapus
  8. Minat saya di bidang editing video bagus gak masuk ke dkv ??

    BalasHapus
  9. Untuk tes menggambar apa saja yg dibawa min.makasih

    BalasHapus

Untuk umum, Beri Komentar Sebagai : Anonymous atau Name/URL

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
free web site traffic and promotion