Ditabrak Mobil, Pesawat Garuda Rusak ?

Pesawat Garuda Indonesia GA 128 jurusan Jakarta - Pangkal Pinang tertabrak mobil pendorong pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis 9 Desember 2010.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura II (Persero), RP Hari Cahyono, menjelaskan peristiwa ini terjadi di area parkir E21 Terminal 2E. Kejadian berawal saat pesawat tengah melakukan persiapan on board.

"Ketika tow bar (besi pendorong) sedang dalam proses pemasangan oleh petugas ground handling , mobil pushback car terus melaju sehingga menabrak lambung pesawat," kata Hari dalam keterangan yang diterima VIVAnews, Kamis 9 Desember 2010.

Akibat peristiwa itu, roda depan pesawat beregistrasi PK-GWO itu berputar 90 derajat dan lambung depan persis di bawah kokpit robek. Selain itu, seorang petugas ground handling PT Gapura Angkasa yang tengah menjalani tugasnya juga terluka akibat terkena serpihan tow bar yang patah ditabrak push back car.

Terkait peristiwa itu, PT Angkasa Pura II, telah melakukan sejumlah langkah yang menjadi kewenangan perusahaan. Pertama, melaporkan kepada pejabat terkait, dalam hal ini Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Adbandara Soekarno-Hatta, serta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Selain itu, perusahaan juga langsung melakukan proses identifikasi kejadian dan melarang dilakukannya proses pemindahan pesawat oleh pihak operator untuk kepentingan investigasi. Tidak hanya pesawat, seluruh ground support equipment yang berada di lokasi kejadian juga dilarang untuk dipindahkan.

"Kita juga melakukan pendampingan terhadap tim investigasi saat melaksanakan tugas, serta mengawasi dan mengatur pihak-pihak yang dapat memasuki area airside. Saat ini, tim investigasi dari KNKT sudah berada di lokasi," jelas Hari.

www.vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk umum, Beri Komentar Sebagai : Anonymous atau Name/URL

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
free web site traffic and promotion